Mengapa memilih Surakarta?

Surakarta atau Solo merupakan salah satu pusat kebudayaan tradisi masyarakat Jawa. Di sana, berdiri Keraton Surakarta Hadiningrat dan Pura Mangkunegaraan Surakarta yang selama ini menjadi simbol kebudayaan sekaligus pusat pengembangan seni dan budaya Jawa. Tradisi-tradisi Jawa itu tetap terjaga dan lestari hingga saat ini.

Sebagai pusat kebudayaan, maka selalu erat kaitannya dengan kuliner. Surakarta juga sebagai salah satu pusat kuliner Nusantara. Aneka makanan dan minuman tradisional khas Jawa dipasarkan, baik di restoran maupun warung sederhana. Kuliner selalu jadi salah satu alasan wisawatan mengunjungi Solo dan sekitarnya.

Surakarta dan wilayah sekitarnya, seperti Karanganyar, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, dan Kabupaten Boyolali memiliki begitu banyak obyek wisata. Sebut saja Museum Batik Danar Hadi, kampung batik, pabrik gula Tjolomadu, dan panorama alam serta kesejukan Gunung Lawu. Setiap obyek wisata selalu memiliki keunikan sehingga selalu menyedot para wisatawan untuk mengunjungi wilayah Solo Raya.

Wisata dan olahraga selalu memiliki keterkaitan yang erat. Panorama alam, tradisi budaya dan kuliner menjadi magnet besar untuk menarik wisatawan. Salah satu di antaranya melalui event olahraga, seperti lomba balap sepeda jalan raya. Itu sebabnya, Jelajah Sport menyelenggarakan Jelajah Cycling Series (JCS) seri kedua tahun 2023 di Surakarta pada 9 September 2023.

Link official event UCI